23 April 2009

6 Alasan kenapa prestasi persepakbolaan kita masih terpuruk...

Sepak Bola. Olah Raga ini merupakan Olah Raga favorit khususnya kaum adam. Di Indonesia, Sepak Bola sangat populer. Namun ironisnya sampai saat ini prestasi tim Sepak Bola kita sangat minim. Bahkan akhir-akhir ini makin terpuruk saja. Bahkan akhir akhir ini semakin menukik tajam prestasinya. Berbeda dengan tahun 80 – 90an, yang banyak mengukir prestasi, sekarang piala AFF pun sulit sekali diraih. Pertanyaannya, ada apa dengan persepakbolaan kita?

Tak ada asap kalau tak ada api. Begitu pun dengan prestasi sepak bola kita. Berikut ini beberapa hal yang menjadi penyebab anjloknya prestasi persepakbolaan kita, yaitu:
1) Kinerja PSSI yang kurang baik
Kita tahu bahwa beberapa tahun lalu Nurdin Halid sebagai Ketua Umum PSSI pernah berada di balik jeruji besi karena kasus korupsi. Pada saat Ketua Umumnya di hukum, yang dilakukan PSSI hanya menunggu sang Ketum bebas lalu kembali seperti semula. Padahal menurut aturan FIFA, Ketua Umum PSSI harus bebas perkara hukum. Yang lebih memalukan lagi, Ketua FIFA harus turun tangan mengenai kasus ini.

2) PSSI kurang konsisten
Misalnya dalam menerapkan sanksi kepada tim peserta maupun pemain Liga Super Indonesia melalui BLI ( Badan Liga Indonesia). Sering sekali pemberian sanksi malah membingungkan pihak yang dikenai sanksi. Misalnya pemberian hukuman kasus pemukulan wasit atau perkelahian antar pemain. Pemberian hukuman bisa saja berubah – ubah. Entah apa sebabnya. Kalau kasus ini saya menangkap kesan bahwa khususnya BLI punya niatan baik ingin menerapkan hukuman tegas, namun kadang memberi keringanan kepada yang dikenai sanksi.

3) Standar Lapangan yang buruk
Ini merupakan alasan yang cukup klasik. Faktanya, Stadion yang memenuhi syarat untuk standar nasional saja jumlahnya bisa dihitung dengan jari. Yang cukup memenuhi syarat seperti GBK, Jalak Harupat, Jaka Baring, dll.

4) Manajemen yang Kurang baik
Manajemen meliputi Gaji Pemain, Kesejahteraan pemain, Pola makan yang masih kurang baik, kondisi keuangan klub, Perekrutan pemain, Pembinaan pemain muda, dll.

5) Regenerasi yang kurang lancar
Regenerasi merupakan faktor kesuksesan sebuah tim. Setiap tim butuh regenerasi. Karena tidak mungkin suatu tim memainkan pemain yang itu- itu saja. Butuh rotasi supaya kebugaran pemain terjaga. Kebanyakan tim di ISL sekarang ini khususnya posisi vital seperti, playmaker, striker, Libero diisi oleh pemain asing. So... Pemain muda kapan mainnya?

6) Faktor Wasit
Harus diakui, kemampuan kepemimpinan wasit di lapangan sangat jauh dari harapan. Hal ini juga yang menjadi pemicu banyaknya kerusuhan dkarenakan tidak puasnya satu tim terhadap kepemimpinan wasit.

Mungkin ada yang berpendapat lain? He he...

24 comments:

mengaisdollar said...

bos.. alasan yang terbaru tau nggak..
alasannya..
pemain bola udah pada bloging, melek malem.. bukannya tidur eh.. malah surfing internetan trus create adsense dll.. ya :)
he..he..he...

IDHANGDOANG said...

ada tambahan. kedisiplinan. makanan. iklim. fisik. kemampuan. yang paling penting tuu kedisiplinan juga ke juga keadaan si pemainnya

devit1104 said...

Benar Bro...sebenarnya Sistem Sepakbola Indonesia dan Sangsi yang di Berikan Belum Begitu Maksimal.
Apalagi Ketum PSSI ada Kasus Korupsi.Belum lagi di Tambah Supporter Indonesia Yang masih Belum dewasa jika Tim kebanggaannya Kalah..nice Post Bro!!

Unknown said...

maklum aja pengurusnya kaya gitu.....kita cuma menghargai aja......udah untung mereka ada usaha...walaupun kampungan...ya udah hargai aja....

angga said...

benar sob....kita majuin sepakbola kita yuk
blogku di:
SEBUAH KISAH, SEBUAH ARTI

nna said...

ahh kalo menurut gw ma....
faktor pssi yang paling parahh...
masih tetep jja mempertahankan ketua yang gak baleg itu...
hhuhhu....
jadi pusing plus prihatin ngeliat sepakbola ina yang semeraut!!!

nna said...

pssi te becusss

Mas Kaboel said...

Ya kalau menurutku yang salah adalah sistemnya, mulai dari pelakunya, organisasi/ klubnya sampai pemerintah indonesia sendiri...Pemain- pemain asing yang datang ke Indonesiapun nggak bisa menularkan contoh baik, karena mereka semua hanya pemain asing yang memiliki kwalitas nol..aliasnggak mumpuni.
Memang sangat miriz kalau mendengar dunia sepakbola Indonesia...

balisugar said...

Teliti juga pengamatanya, hm aku gak gemar sepak bola gak pernah ngamatin, sekalipun ada di TV langsung kupindahkan ke saluran lain hihik

easyblogtrick said...

padahal penggemarnya dah banyak, dan para suporternya pun maju2 n kreatif...keep post my friend!!

tiyo avianto said...

ah biasa tuh.....udah tahun tahunan kayak gt..gak ada peningkatan

Suliwanto said...

iya tuh.....
sekarang semua pemain pada buka facebook , friendster , surfing internet.

ato biasanya kalo siang main layangan bukanya latihan

push_me said...

Wah....ntu smua masalah nya sob, solusinya bagaimana nie sob??

Falaky said...

Waduh2 kok bisa kacau begini ya???
afwan mas,.. coba saya chek dulu kesalahannya

Falaky said...

Coba2 :))

Suliwanto said...

pssi tempatnya para napi...
sportifitas hanyalah mimpi....
pssi tempat melacur diri...
KAGAK punya hati nurani....

indoneter said...

penonton ???

ga masuk ya..

habib said...

well...well...well....well....well....well...

chempluk said...

ntar pasti nanti pesepabolaan kita bagus

Raisa SAbrina said...

tunggu aku masuk timnas,pasti menang trus

reza said...

tunggu aku masuk timnas,pasti menang trus

Anonymous said...

Kalau kata saya ya ficky kecil,,sepakbola kita gak maju karena negara lain lebih maju..haha,,makanya keliatan kyk yg gak maju..

adhyz82 said...

saya cuman bisa menjawab, semuanya tidak dilakukan dengan hati dan profesional...sehingga semuanya hanya asal2an, cuman kerja yang instan2. sehingga g bisa menarik swasta mau kasih iklan di sepakbola kita..
salam kenal

Ficky Fauzie said...

@all: terima kasih atas opininya. yg pasti opini anda anda semua mudah mudahan dapat menjadi masukan bagi petinggi kita di PSSI sehingga bukan tidak mungkin timnas kita suatu saat nanti akan dapat berbicara banyak di LEVEL INTERNASIONAL !!
jzklh...

Post a Comment

Bagi pemirsa yang ingin memberikan/ mengeluarkan opininya silahkan tulis di sini.. Terima Kasih.