24 March 2009

Ingin Sehat? Sarapanlah !

Breakfast is the most important meal of the day, kata bijak yang amat tepat. Karena menyampaikan pesan tentang penting dan bermanfaatnya sarapan.


Lupakan alasan karena sibuk, sehingga takut gemuk karena sarapan. Fakta menunjukkan, tidak hanya membuat si empunya ramping, berenergi, lebih fokus, berpikir lebih jernih, dan kreatif sepanjang hari, sarapan bahkan dapat meningkatkan peluang memperoleh anak laki-laki. Subhanallah !

Dari Diet hingga Anak Laki-laki
Tidak mau sarapan karena takut gemuk? Anggapan itu tidaklah benar. Kalau tubuh sudah diberi energi di pagi hari dengan sarapan, maka nafsu makan dapat diatur agar tidak makan berlebihan saat siang maupun malam hari. Dan keinginan untuk ngemil pun akan berkurang. Asumsi ini didukung hasil riset para peneliti. Mereka menemukan orang yang teratur sarapan, memiliki kecenderungan hingga 50 persen tidak mengalami kegemukan daripada mereka yang melupakanya.

Tapi harap diingat, hindari sarapan yang banyak mengandung minyak, gula dan lemak. Kalau sobat terbiasa makan nasi goreng, bisa diganti dengan bubur plus telur rebus atau roti gandum dengan buah-buahan atau sayur-sayuran daripada makanan bermentega dan selai.

Selain itu , mereka yang meluangkan waktu untuk sarapan, dipastikan dapat berkonsentrasi dan melakukan tugas-tugasnya dengan produktif. Seiring dengan bertambahnya pasokan zat gula ke otak, sarapan dapat mendongkrak mood (suasana hati) seseorang menjadi bersemangat, tidak mudah lemas, terhindar dari kecenderungan stress dan depresi, hingga meningkatkan daya ingat. Kebiasaan sarapan juga bisa melindungi Sobat dari penyakit Jantung.

Adapun kaitan sarapan dengan besarnya peluang memeperoleh bayi laki-laki, adalah hasil riset para peneliti Universitas Exeter dan Oxford di Inggris yang dipublikasikan di Royal Society Journal of Biological Sciences. Para ahli menemukan bahwa sarapan secara teratur plus diet tinggi kalori, dapat memperbesar peluang seorang ibu melahirkan bayi laki-laki. Hal ini karena kadar tinggi glukosa, akibat kebiasaan sarapan dan diet tinggi kalori dapat meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan embrio laki-laki, serta mencegah pembentukan embrio perempuan.


TIPS MENU SARAPAN SEHAT:
1. Sesendok pemanis
Sesendok kecil gula atau madu, efektif merangsang acetylcholine, senyawa kimia dalm otak yang meningkatkan daya ingat. Tapi jangan berlebihan, karena sobat justru akan merasa lelah dan mengantuk.
2. Karbohidrat
Untuk sarapan, tidak perlu karbohidrat dalm jumlah banyak. Semangkuk bubur kacang atau setungkup roti berserat tinggi bisa dipilih sebagai energi pemacu otak.
3. Hot & Spicy
Makanan agak pedas sangat cocok memompa aliran darah dan memanaskan “mesin” sebelum dipakai bekerja seharian. Bila tak suka pedas, sobat bisa memilih secangkir wedang jahe.
4. Kedelai
Kandungan isoflavon dalam kedelai sangat efektif meningkatkan daya ingat, sekaligus mencegah pikun. Buatlah menu sarapan berbahan dasar tempe atau tahu, atau minum segelas susu kedelai.
5. Air es
Minum segelas air es saat bangun tidur akan membangunkan sistem kerja tubuh setelah beristirahat semalaman. Selain itu, air es juga bisa melancarkan metabolisme tubuh,
6. Kopi
Kandungan kafein dalam kopi akan membuat tubuh terjaga dan waspada. Akibatnya, kita bisa berpikir cepat, tidak mengantuk, dan daya ingat lebih kuat.

So, masih ingin melewatkan sarapan? Sarapanlah, dan rasakan lonjakan energi setiap paginya, sambil beraktifitas menghargai anugerah hidup dari Allah ini. Selamat hidup sehat dengan sarapan!

Sumber : Media Swadaya

2 comments:

Anonymous said...

alangkah nikmatnya jika bisa seperti itu, bangun tidur... ada sarapan, dengan pilihan menu bervariatif, mo bikin kopi, dah ada air panas, tinggal seduh... bersyukurlah wahai kawan.

sebab, di sisi lain, lihatlah.. banyak yg harus berpikir 10x untuk sarapan, karna tiada yang bisa digunakan untuk sarapan. bahkan ada orang yg bingung, mo sarapan pa makan siang ya... kalo sarapan, brarti ntar gak makan siang. hik...

nasib anak kos, hehe

Imam Setiyo said...

Ka, Ni imam... Msh ingt g ? nyang di www.imamsetiyo.co.cc ???

Gni, Gw mo bkin mading ROhani Islam Di Skul, nah gw liat 3 Artikel ka2 Cukup Menjanjikan nech, bwt Di pajang di Mading, Gmana ka ? boleh gue Copas ga ?

1. Ingin sehat ? Sarapanlah
2. Tidur Sehat Ibadah Pun Berlipat
3. Sudahkah ANda Bersyukur...

Kalo misalnya boleh, Ke3 artikel itu mo aq ksh ke gru, kalo Boleh smuanya, q pjang smuany...

Di tunggu ye ka... Balasan ny...

Post a Comment

Bagi pemirsa yang ingin memberikan/ mengeluarkan opininya silahkan tulis di sini.. Terima Kasih.