02 February 2009

Terima Kasih TVone !

Alhamdulillah….Satu hal yang patut kita syukuri adalah telah berakhirnya masa Agresi Israel ke Gaza, Palestina. Gaza sementara ini ‘cukup’ aman bagi rakyat Palestina untuk kembali menjalankan aktivitasnya seperti semula. Namun, bukan tidak mungkin perang akan berkecamuk lagi di tanah Gaza. Beberapa faktor pendukungnya yaitu gencatan senjata yang bersifat labil, tidak permanen, dan kedua belah pihak masing-masing menyatakan gencatan senjata secara sepihak. Namun apapun faktanya, kita berharap rakyat Palestina dapat ‘memiliki’ hak-haknya kembali. Seperti Masyarakat dunia pada umumnya.

Bagaimana reaksi di Indonesia? Masyarakat Indonesia pada umumnya sangat mengutuk agresi Israel tersebut. Pemerintah Indonesia, kali ini bertindak tegas terhadap Israel. Presiden SBY sangat mengutuk keras serangan Israel ke jalur Gaza. Indonesia yang berpredikat sebagai Negara yang berpenduduk muslim terbesar di dunia ini, sangat berperan penting dalam menggalang dukungan untuk menekan Israel.

Setelah bagaimana kita menyaksikan begitu kejamnya Israel membantai Rakyat Palestina, Mungkin kita baru berfikir bagaimana sebuah media sangat berperan penting dalam menciptakan opini publik. Media disini, khususnya media televisi sangat berperan penting khususnya dalam menyajikan berita mengenai Agresi Israel. Dahulu, mungkin kita masih tabu dalam mendapatkan informasi yang cepat, akurat, dan dapat dipercaya serta yang paling penting objektif. Namun, sekarang kita cukup mudah untuk memperoleh informasi tersebut.

TVone, salah satu Stasiun Tv swasta di Indonesia, benar- benar sangat berani untuk menyajikan berita mengenai Agresi Israel ke Gaza. Setahu saya, belum ada Stasiun Televisi Nasional yang benar-benar menyajikan informasi yang secara lengkap dan meyeluruh sebelumnya. Tvone, menurut saya sangat berani berkerja sama dengan Stasiun TV Al-Jazeera Arrabic yang berbasis di Doha, Qatar. Selain menurut saya membutuhkan biaya yang mahal, Tvone secara tidak langsung ‘siap’ menerima segala resiko yang dapat diterimanya. Termasuk tekanan dari Negara-negara barat.

TVone, selama pemberitaan mengenai Agresi Israel, menurut saya cukup rinci dalam memberikan informasi. Selain memberikan info sekitar konflik Gaza, sejarah konflik Israel Palestina, pendapat masyarakat dunia, serta kehidupan masyarakat Palestina saat ini pun diangkat dalam pemberitaannya.

TVone, selama memberikan info mengenai konflik Palestina dan Israel, banyak mendapat pujian. Termasuk saya sendiri sangat kagum mengenai langkah yang diambil TVone. Tapi, ada yang cinta ada juga yang benci. Seperti telah diperkirakan sebelumnya, pemerintah Israel sangat geram dengan pemberitaan tersebut. Namun apa boleh dikata, TVone telah memberikan info yang objektif . Dengan keberanian TVone menyajikan informasi yang menyeluruh kepada masyarakat Indonesia, seharusnya TVone mendapat dukungan lebih baik lagi dari pemerintah Indonesia. Dan semoga TVone dapat berkembang lebih baik lagi....

1 comments:

Anonymous said...

komen gak masuk2 susah cuy

Post a Comment

Bagi pemirsa yang ingin memberikan/ mengeluarkan opininya silahkan tulis di sini.. Terima Kasih.