09 July 2009

Keutamaan Shalat Sunnah

Shalat sunah adalah shalat tambahan, yakni amalan shalat selain shalat wajib lima waktu. Shalat sunah merupakan shalat yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Begitu banyak manfaat dan pahala yang dijanjikan Allah pada kita apabila kita melaksanakan shalat sunah. Tetapi banyak diantara kita yang masih lalai dalam mengerjakannya. Beragam alasan, kenapa masih banyak orang yang meninggalkan amalan salat sunah, baik mu’akkad maupun ghair mu’akkad. Diantara penyebabnya adalah adanya kesibukan pekerjaan sehingga menjadi alasan dan peluang bagi setan untuk menggoda para hamba Alah dari mengerjakan shalat sunah. Atau terinfeksi dengan gaya hidup sekarang yang seakan akan telah ‘meracuni’ pikiran kita.

Shalat Sunah mempunyai keutamaan dan keagungan yang sangat banyak antara lain:
1) Shalat sunah kelak pada hari kiamat akan menjadi amalan tambahan atau cadangan sekiranya shalat wajib lima waktu tidak sempurna pelaksanaannya. Rasulullah SAW bersabda:

“ Sesungguhnya yang pertama kali dihisab pada diri seorang hamba pada hari kiamat dari amalannya adalah shalatnya. Bila sempurna maka ia telah lulus dan beruntung, dan bila rusak atau kurang sempurna, maka ia akan kecewa dan rugi. Jika terdapat kekurangan pada shalat wajibnya maka Allah berfirman: “Perhatikanlah kalau-kalau hambaku ada shalat sunahnya sekedar apa yang menjadi kekurangan pada shalat wajibnya. Jika selesai urusan shalat, barulah amalan lainnya. (HR. Ash-habus Sunan dari Abu Hurairah RA).”

2) Membiasakan shalat sunah bisa menjadi penyebab masuk surga bersama Rasulullah SAW.

3) Shalat sunah dapat meninggikan derajat dan menghapus kesalahan.

4) Shalat sunah yang dikerjakan di rumah akan mendatangkan berkah dan kebaikan. Rasulullah SAW bersabda :

“Jika salah seorang dari kalian menunaikan shalat di mesjid, hendaklah ia menjadikan rumahnya sebagai bagian dari shalatnya (mengerjakan shalat sunah di rumah). Karena sesungguhnya Allah akan menurunkan kebaikan di rumahnya dari shalatnya itu.” (HR. Muslim dari Jabir).

5) Shalat sunah akan mendatangkan cinta Allah kepada hamba-Nya. Bila Allah telah mencintainya, maka Allah akan menjadi “bagian” yang tidak terpisahkan dari hamba-Nya itu.

6) Shalat sunah adalah wujud syukur seorang hamba kepada Allah. Selain keenam hal tersebut, sangat banyak hal lain yang menjadi keutamaan pelaksanaan shalat. Semuanya merujuk pada kebaikan dan keutamaan. ^Ficky

9 comments:

paradigm author said...

sarannya bagus nih

Ficky Fauzie said...

test! :D

otto said...

keren infonya, thanks yaw

Siais said...

wah makasih ya mas atas infonya mudah2an saya bisa membiasakan shalat sunnah di rumah...

asep canda said...

lanjutkan!!!!!!

pandewa said...

betul saya sangat setujuh sekali kang

Ficky Fauzie said...

@Paradigma autor: makasi bnyk...
@Otto: sama2...
@Siais: sama2... ane juga lg belajar neh. he he..
@Asep: siap kang!! lanjuuut..... :D
@Iqbal: makasi bnyk..

alone_ranger said...

wah jdi inget ma dosa nic hahahi

akhatam said...

info bagus nih,....

Post a Comment

Bagi pemirsa yang ingin memberikan/ mengeluarkan opininya silahkan tulis di sini.. Terima Kasih.